Friday, January 17, 2014

HATI-HATI MENGGUNAKAN FACEBOOK

HATI-HATI MENGGUNAKAN FACEBOOK

Aplikasi Media Sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram tidak selamanya bakal membawa kebaikan bagi si penggunanya. Aplikasi tersebut bisa berujung masalah.

Perlu pengguna media jaringan sosial ketahui, bahwa Facebook, Twitter, dan Instagram mempunyai wewenang atas akses kontak pribadi maupun data-data yang dimiliki oleh penggunanya. Server dari media terse...
but dapat mengetahui isi chatting kita, bahkan foto-foto dan segala data yang ada dalam ponsel pengguna. Dan itu legal karena terms and condition yang diberikan pihak media sosial disetujui oleh pengguna.

Disarankan agar masyarakat lebih bijak (hati-hati) dalam memasang fitur media sosial. Masyarakat diharapkan mencermati terlebih dahulu terms and condition yang berlaku. Sebaiknya, fitur-fitur yang dapat mengakses data-data dan informasi pribadi tidak dipasang.

Kadang-kadang, teman di dunia maya yang memiliki keahlian setingkat server atau malah di atasnya, bisa menyalahgunakan informasi pribadi kita. Kebanyakan foto-foto porno diunggah ke internet tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Maka disarankan:
- Agar jangan ceroboh dalam membuat status.
- Jangan mudah menampilkan nomor telepon/HP pribadi di internet.
- Jangan mudah terbawa pergaulan di dunia maya yang mengarah ke terorisme, perselingkuhan, atau penipuan serta pengkhianatan.
- Hati-hati dalam menampilkan foto-foto pribadi, keluarga, rumah, alamat rumah.
- Jangan menyimpan data dan foto-foto pribadi di HP yang biasa dipakai untuk online.
- Matikan fitur-fitur yang memperbolehkan orang lain mengakses HP, komputer, maupun profil kita.

SEMOGA BERMANFAAT!

No comments:

Post a Comment