Monday, January 6, 2014

AKAL ADALAH MAKHLUK QUANTUM


Quantum dengan satuannya adalah kuanta. Seperti jarak dengan satuannya meter atau kilometer.

Quantum adalah suatu fenomena atau kejadian perubahan dari kondisi satu ke yang lainnya tanpa proses yang bisa dicerna akal. Hal itu disebabkan adanya titik atau fase yang hilang dan muncul lagi pada fase selanjutnya secara acak. Apa yang terjadi dalam fase yang hilang itu? Jawabannya adalah...: tidak diketahui, atau kehampaan.

Misal, setelah ada koin dengan nilai 50 sen, selanjutnya ada koin 100 sen. Di mana koin dengan nilai antara 50 dan 100? Pernahkah Anda temukan?

Misal, bayangan Anda normal di sendok ketika dekat, tapi ketika agak dijauhkan bayangan Anda menjadi terbalik. Apa yang terjadi pada bayangan Anda antara posisi normal dan terbalik?

Misal, cahaya yang bergerak seperti gelombang, sehingga Malaikat bisa naik turun langit tanpa gesekan materi. Namun malaikat juga menampakkan diri pada para Rasul sebagai materi sehingga mempunyai wujud.

Begitu pula akal. Saat tertentu bisa sangat mulia melebihi malaikat. Di saat lain bisa sangat hina melebihi binatang. Ya, akal adalah makhluk kuantum, selalu dalam kondisi relatif, dalam posisi di antara bisikan nafsu iblis dan bisikan ilham malaikat. Setiap detik ada satu takdir atas akal. Dan akal itulah yang dicatat sebagai amal baik atau buruk. Karena itu pula, kita berdoa agar diberi akhir (kematian) yang baik. (DOEL MERSAULT)

No comments:

Post a Comment