Saturday, April 16, 2011

A LETTER TO MY STUDENTS




 








Murid-muridku yang tersayang,
Inilah adalah Mr. Malique, Guru Bahasa Inggris kalian yang selama ini bermain bersama kalian, berbincang, dan kadang2 marah kepada kalian. Akhir2 ini Mr hanya mengajar anak didik kelas 9 dan 12 karena Mr harus menyiapkan Ujian Nasional. Tapi itu bukan berarti Mr ga sayang lagi ma kelas yang lain. Maafkanlah Mr jika sampai ada dari kalian yang merasa sakit atas tingkah laku Mr selama ini.

Murid-muridku yang tersayang,
Mr tidak selamanya berada di sini. Tapi Mr telah melakukan banyak hal yang menyakiti perasaan kalian, menghukum, mengomeli, bahkan terkadang menyakiti perasaan kalian dengan kata2 yang menusuk dalam ke relung hati kalian. Dengan penuh kerendahan, Mr meminta keikhlasan kalian untuk memaafkan segala kesalahan Mr selama ini, selama bergaul dengan kalian, dan selama mengenal kalian.

Anak didikku calon pemimpin,
Dengan nama-Nya Yang Mahamulia, Mr berusaha untuk memberi kalian yang terbaik dengan berbagai cara, bekal yang terbaik yang bisa Mr berikan. Namun terkadang pandangan Mr berbeda dengan kalian, sehingga terdapat kesalahpahaman. Atas kesalahpahaman inilah Mr minta maaf dan berdoa juga buat kalian semoga Allah mengampuni kita atas kesalahan-kesalahan yang telah terjadi di antara kita.
Tapi sebelum Mr benar-benar pergi, Mr ingin berpesan pada kalian semua, anak didikku. Bahwa kalian belajar di Madrasah ini adalah dengan tujuan beribadah, melaksanakan perintah Allah, yaitu menuntut ilmu sepanjang hidup. Kalian boleh belajar ilmu apa saja, tapi yang terpenting dan utama, kalian harus memperdalam pelajaran Agama Islam, yaitu satu-satunya agama yang benar dan yang diterima Allah SWT. Dari Nabi Adam a.s. sampai Nabi Muhammad SAW, semuanya adalah orang2 pilihan yang membawa agama Islam. Dahulu, Islam mempunyai berbagai macam nama, sesuai jaman Nabi dan Rasul yang membawanya. Tapi sekarang semua ajaran Rasul2 itu telah diubah-ubah oleh tangan2 manusia dan oleh kaum munafik yang berpura-pura taat kepada Nabi mereka. Akhirnya semua ajaran tadi diluruskan lagi, dan dilengkapi oleh agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi, sekarang kalian harus tahu bahwa tidak semua agama benar, dan tidak semua agama sama. Hanya Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW-lah yang diterima di sisi Allah SAW, karena Allah telah memutuskan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir yang ajarannya sudah lengkap dan sempurna, sampai Hari Kiamat.
Namun demikian, kalian tidak boleh membenci manusia kecuali sekedar untuk menjalankan hak2 Allah SWT. Bahkan kalian tidak boleh mempunyai rasa benci kepada orang2 nonmuslim yang bertetangga baik dengan kita, yang menghargai kehidupan kita, dan yang tidak mencari-cari kesalahan kita. Bahkan kita tetap dianjurkan menjenguk mereka ketika mereka sakit, atau meminjami mereka uang ketika mereka membutuhkan sedangkan kita mempunyai uang yang mereka butuhkan itu.

Anak-anakku sekalian,
Jika kita dianjurkan berbuat baik kepada orang nonmuslim, lalu bagaimana sikap kita kepada saudara kita sesama muslim? Janganlah bertengkar hanya karena soal2 kecil keduniaan. Jagalah perasaan cinta kalian kepada saudara seiman demi mencari ridho Allah SWT. Jagalah perasaan teman2 kalian. Berilah tempat duduk bagi teman kalian yang berdiri, padahal kalian tahu teman kalian itu sedang membutuhkan tempat duduk. Jika karena suatu alasan, lalu kalian tidak suka dengan sikap teman kalian, maka ingatkanlah dia dengan cara yang baik. Jika kalian tidak mampu bersikap baik kepadanya, maka diamlah dan bersabarlah. Berusahalah sekuat mungkin untuk tidak marah. Jika kuatir kalian akan marah, maka hindarilah dia untuk sementara waktu. Bila dia meminta penjelasan tentang sesuatu, maka berilah dia penjelasan yang jujur dan terus terang. Belajarlah sekuat tenaga untuk menjadi orang yang lebih baik, tanpa putus asa.
Kalian seiman adalah saudara, maka saling menjagalah! Jangan saling mendengki karena kebahagiaan orang lain atau teman kalian. Apakah kalian hendak melawan Allah SWT, dan menuduh Allah bodoh karena telah memberi kebahagiaan pada orang lain, dan bukannya kepada kalian? Orang yang iri dengki itu adalah orang yang jahat, tapi juga kasihan karena hatinya selalu sedih disebabkan rasa iri terhadap kebahagiaan orang lain. Lihatlah orang yang lebih malang nasibnya dari kalian, supaya kalian bisa melihat dengan jelas nikmat Allah yang telah diberikan kepada kalian selama ini!

Anak-anakku sekalian,
Kalau kepada teman saja kalian dianjurkan untuk saling menghargai dan saling mencintai, lalu bagaimana sikap kalian terhadap guru kalian? Yaitu guru yang telah mencurahkan pikirannya demi membuka wawasan kalian, sehingga kalian menjadi lebih mengerti tanpa harus mengalami kegagalan sendiri. Guru kalian telah membuat banyak catatan dan rencana untuk kalian setiap malam. Setiap hari mereka berusaha memberikan sikap terbaiknya untuk kalian sehingga kalian merasa nyaman belajar dengannya. Terkadang guru harus berpura-pura tidak mempunyai masalah sehingga kalian tidak ikut terbebani dengan keadaan guru kalian yang sedang lemah. Terkadang guru kalian berandai-andai, “Seandainya aku mempunyai lebih banyak waktu untuk memperhatikan murid-muridku, tentunya aku bisa melakukan lebih banyak hal untuk kebaikan murid-muridku.”
Tapi sayangnya, guru kalian terbelenggu oleh waktu yang begitu singkat, sehingga mutiara-mutiara pemikiran mereka tidak terserap secara sempurna untuk kalian. Maka, bantulah guru-guru kalian dengan mengulang pelajaran di rumah, kapan pun kalian mempunyai waktu luang. Dan menjadilah murid yang baik dan disenangi guru, sehingga sekecil apapun ilmu yang mereka berikan, bisa menjadi berkah dan berguna bagi kalian. Hal yang paling harus kalian jaga adalah jangan sampai membuat guru kalian marah dan tidak ridho dengan kalian. Guru juga manusia, maka berhati-hatilah dengan amarah mereka. Bisa jadi kemarahan mereka menjadi sebab kegagalan bagi pelajar.


Anak didikku yang Mr cintai,
Hanya inilah yang bisa Mr berikan saat ini. Insya Allah, kita bisa bertemu lagi di kesempatan lain. Dan semoga hubungan ini tetap abadi karena kita tidak berhubungan kecuali dalam koridor-Nya. Karena kita tidak saling menyayangi dan mengingatkan kecuali dengan tetap memegang tali-Nya. Bagi Mr kalian adalah anak didik Mr, adik Mr, anak Mr, sahabat Mr, tempat Mr mencurahkan pikiran dan berbagi kehidupan, bejana Mr untuk menampung ilmu dan buah pikiran, lautan tempat Mr menyelam untuk memahami kalian lebih jauh dan mendalam, serta medan Mr dalam berjuang untuk membuat hidup lebih baik.

Anak didikku,
Jika kalian melihat kebaikan dan kebenaran dalam setiap tingkah laku Mr, perkataan Mr, maka camkanlah bahwa semua itu bukanlah kehendak Mr. Semua kebaikan itu bersumber dari Ilahi Yang Mahakuasa, yang tidak membutuhkan bantuan apa pun sebagai perantara. Kalian cukup bersyukur dan berharap agar kebaikan itu abadi bersama kalian.
Dan jika kalian melihat hal-hal yang kurang berkenan pada diri Mr, dalam sikap-sikap Mr dan kata-kata Mr selama ini, maka ketahuilah bahwa Allah Mahasuci, tidak ternoda oleh perbuatan buruk manusia, dan tidak bisa dituntut atas kesalahan manusia. Semua itu semua adalah akibat dari kecerobohan Mr sendiri, kelalaian Mr dan kebodohan Mr dalam menentukan langkah yang terbaik, sehingga Mr gagal menyelamatkan hati dan pikiran kalian dari perasaan damai dan tenang. Untuk itu, Mr meminta maaf kepada kalian dan semoga kalian berkenan memaafkan Mr.
  


 






                                       

No comments:

Post a Comment